IELTS,TOEFL dan TOEIC adalah 3 tes kemampuan bahasa inggris paling popular dan sering digunakan. Dimulai dari IELTS (International English Language Testing System) adalah uji coba kemampuan berbahasa Inggris yang berorientasi kepada British English. IELTS diselenggarakan oleh IDP Educational Australia, British Council, dan Universitas Cambridge yang telah diakui di 125 negara, termasuk di Indonesia. IELTS lebih mengedepankan konsep isi seperti listening, reading,dan structure serta berbagai macam standar bahasa yang digunakan oleh setiap Negara. IELTS memberikan skor 0-9 untuk penilaiannya, Untuk mengikuti IELTS, biaya yang dikenakan sebesar US$ 150.

Selanjutnya adalah TOEFL (Test Of English as a Foreign Language), Jika IELTS dikhususkan untuk bahasa Inggris dengan logat Inggris (British English) maka TOEFL lebih condong kepada bahasa Inggris dengan logat Amerika (American Engllish). Tes ini diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS) yang berpusat di Amerika Serikat. Terdapat tiga format dalam test TOEFL yang memiliki skor penilaian berbeda-beda untuk CBT TOEFL rentang nilai antara nol hingga 330, iBT-TOEFL dengan nilai maksimum 120 dan PBT-TOEFL  dengan rentang nilai atau skor dari 310 hingga 677. Masing-masing format memiliki biaya yang berbeda-beda.

Jika kedua tes diatas diperuntukkan mendaftar pendidikan, lain halnya dengan TOEIC (Test of English for International Communication) adalah Test yang mengukur kemampuan seseorang dalam berkomunikasi di lingkungan pekerjaan. Skor untuk test TOEIC ini berkisar antara 10-990. Biaya untuk pendaftaran test ini berkisar $40-$50 atau sekitar 600-700 ribu rupiah.

Jadi beda-beda ya disesuaikan dengan persyaratan yang ingin kita penuhi. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *