Pola makan dan gaya hidup bisa mempengaruhi kondisi kulit kita. Saat puasa selama bulan Ramadan 2018 misalnya, kulit bisa terasa lebih kering dari biasanya. Apalagi dengan faktor perubahan cuaca yang kadang tak menentu, kita perlu usaha lebih keras untuk merawat dan mengatasi kulit kering.

Tanpa mengurangi semangat untuk puasa selama Ramadan 2018, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi kulit keringmu. Tips-tipsnya pun sebenarnya cukup mudah. Langsung saja yuk kita ikuti di sini satu per satu.

1. Lakukan eksfoliasi

Seperti yang dikutip dari boldsky.com, eksfoliasi (exfoliation) sangat penting untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang dilakukan dengan benar bisa mencegah kulit jadi kering. Eksfoliasi bisa dilakukan dua kali seminggu. Bisa dengan scrub yang cocok dan bisa diterima oleh jenis kulit wajahmu.

2. Cukupi kebutuhan air putih

Saat berbuka dan sahur, pastikan kamu cukup minum air putihnya ya. Karena biasanya kulit kering juga disebabkan oleh tubuh yang dehidrasi. Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat berbuka dan sahur, maka kelembapan kulit akan lebih terjaga dengan baik.

3. Hindari membasuh wajah dengan air yang terlalu panas

Tidak disarankan membasuh wajah dengan air yang terlalu panas. Kenapa? Karena nantinya malah bisa melenyapkan kandungan minyak esensial di kulit yang sebenarnya penting untuk menjaga kelembapannya. Sebagai gantinya, bisa basuh wajah dengan air yang hangat-hangat kuku. Selain bisa bantu menjaga kelembapan kulit juga bisa bantu cegah kulit jadi kering.

4. Jangan digaruk

Kulit yang kering biasanya akan menciptakan sensasi gatal. Di sini kamu harus hati-hati agar tidak menggaruknya. Karena kalau digaruk malah bisa menyebabkan iritasi dan luka. Kalau  gatal, bisa coba kompres dengan es batu yang dibalut dengan handuk bersih. Atau bisa oleskan pelembap yang cocok untuk jenis kulitmu.

5. Pilih sunscreen yang mengandung olive oil atau aloe vera

Sunscreen wajib dipakai setiap hari, apalagi kalau kamu bakal lebih banyak beraktivitas di luar ruangan. Disarankan untuk memilih sunscreen yang memiliki kandungan minyak zaitun (olive oil) atau lidah buaya (aloe vera) untuk meningkatkan kelembapan kulit.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan petroleum jelly atau minyak kelapa untuk dioleskan ke area kulit yang kering. Yuk, tetap semangat puasa di bulan Ramadan 2018. Tetap cantik dengan kulit terawat bukan hal yang sulit kok selama puasa sebulan penuh ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *