Perut kembung adalah gejala yang sangat tidak mengenakkan apalagi jika Anda sedang berada di kerumunan orang banyak. Kebanyakan orang mengeluarkan gas sekitar 10 kali sehari. Jika Anda mengeluarkan gas lebih sering maka Anda bisa saja sedang mengalami perut kembung. Jika Anda terus menerus mengeluarkan gas sewajarnya, maka carilah obat mengatasi perut kembung.

Penyebab Perut Menjadi Kembung

Beberapa karbohidrat yang ada dalam makanan tidak dapat dicerna dan diserap oleh usus sehingga sulit dipecah oleh bakteri. Makanan yang menyebabkan perut kembung adalah:

  1. Kacang polong
  2. Brokoli
  3. Kubis
  4. Kismis
  5. Kacang-kacangan
  6. Bawang
  7. Apel

Kondisi kesehatan juga tertentu dapat menyebabkan gejala perut kembung, termasuk:

  1. Gangguan pencernaan
  2. Sembelit
  3. Irritable bowel syndrome (ibs) – kondisi pencernaan yang umum, yang dapat menyebabkan kram perut, kembung, diare dan sembelit
  4. Penyakit celiac, intoleransi terhadap protein yang disebut gluten, ditemukan dalam gandum, gandum dan jelai
  5. Intoleransi laktosa di mana tubuh tidak dapat memecah laktosa atau gula alami yang ditemukan dalam susu dan produk susu dan tidak dapat menyerapnya ke dalam darah
  6. Gastroenteritis, infeksi lambung dan usus
  7. Malabsorpsi , di mana usus tidak mampu menyerap nutrisi dengan baik
  8. Giardiasis, infeksi sistem pencernaan yang disebabkan oleh parasit kecil

Ada beberapa cara untuk mengobati perut kembung, tergantung pada penyebab masalahnya. Untuk mengobati perut kembung, coba cara berikut ini:

  1. Atur pola makan Anda

Jika mengandung karbohidrat dalam jumlah besar yang sulit dicerna, cobalah untuk menggantinya. Karbohidrat yang lebih mudah dicerna, seperti kentang, nasi, dan pisang, adalah pengganti yang baik.

  1. Olahraga

Beberapa orang menemukan bahwa berolahraga membantu meningkatkan pencernaan dan dapat mencegah perut kembung.

  1. Cobalah obat-obatan yang menyerap gas melalui sistem pencernaan seperti antasida, dan suplemen makanan seperti alpha-galactosidase (Beano).
  2. Kunyah dengan benar

Pastikan Anda mengunyah makanan dengan benardan menghindari mengunyah permen karet atau merokok. Hindari melakukan apa pun yang dapat menambah jumlah udara yang Anda telan.

Jangan sampai Anda menghirup udara yang salah dan bisa menyebabkan Anda terkena rhinitis.kenali gejalanya di https://www.guesehat.com/gejala-rhinitis-dan-cara-penanganannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *