Tahukah Kalian jika dipandang dari kacamata dan pandangan kesehatan, maka nasi goreng yang merupakan makanan lezat dan nikmat ini ternyata mempunyai beberapa bahaya bagi kesehatan tubuh, apalagi jika sering dan rutin mengonsumsi nasi goreng, maka efek bahaya bagi kesehatan akan semakin nyata dan terasa. Beberapa efek buruk dan bahaya nasi goreng bagi kesehatan yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan berat badan

Bagi kaum wanita masalah berat badan yang berlebih merupakan salah satu yang menjadi masalah cukup rumit untuk diatasi. Seoarang wanita akan merasa kurang percaya diri jika mengalami berat badan yang berlebih, karena memang pandangan banyak orang bahwa wanita yang cantik yaitu salah satu kriterianya adalah memiliki berat badan yang ideal.

Nasi goreng merupakan makanan yang terbuat bahan-bahan yang banyak mengandung kalori tinggi seperti nasi putih, minyak atau terkadang sering menggunakan mentega, telur, daging kecap, serta bahan lainnya yang mengandung kalori tinggi sehingga dapat menyebabkan berat badan seseorang yang sering mengkonsumsinya akan bertambah banyak. apalagi jika sering mengkonsumsi nasi goreng pada malam hari maka efek kenaikan berat badan akan semakin cepat dan mudah terjadi.

2. Darah Tinggi

Darah tinggi lebih sering disebabkan karena kebanyakan mengonsumsi natrium. Natrium merupakan zat yang banyak terdapat dalam garam. Nasi goreng merupakan makanan yang banyak mengandung garam karena untuk menyeimbangkan rasa pada nasi goreng karena banyak ditambahkan bahan dengan rasa manis seperti gula dan kecap, sehingga perlu ditambahkan banyak garam yang akan menambah kandungan natrium tinggi dalam nasi goreng. Selain itu nasi goreng juga mengandung minyak sayur yang berubah menjadi lemak trans.

 

3. Jantung

Nasi goreng merupakan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh karena menggunakan minyak sayur yang dipanaskan dengan suhu yang tinggi, sehingga minyak sayur tersebut akan berubah menjadi lemak yang tidak sehat. Nasi goreng mengandung lemak trans yang akan menambah kadar kolesterol buruk dalam tubuh dan akan menurunkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Sedangkan penyakit jantung ini bisa berisiko timbul pada orang yang sering mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi lemak jenuh. Lemak jenuh atau secara medis sering disebut dengan lemak trans merupakan jenis lemak yang susah dicerna oleh tubuh sehingga memicu efek buruk bagi kesehatan salah satunya yaitu jantung.

4. Stroke

Karena lemak jenuh itu juga jika terlalu sering mengkonsumsi nasi goreng maka akan bisa memicu mudahnya seseorang terkena stroke. Penyakit stroke merupakan penyakit yang sangat menakutkan karena dapat menimbulkan otot-otot tubuh menjadi tidak bisa digunakan dengan baik bahkan tidak bisa digerakan. Penyakit stroke parah dapat mengakibatkan otot-otot tubuh mati sehingga tidak lagi bisa bekerja bahkan tidak bisa digerakkan seperti sebelumnya saat sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *