Cara menghilangkan cacar air dapat dilakukan secara medis dan alami. Cacar air merupakan penyakit kulit yang dapat menular dan disebabkan oleh virus varicella zoster. Gejala umum munculnya cacar air adalah ruam merah yang tersebar pada permukaan kulit tubuh dan terasa gatal. Pada umumnya cacar air  akan sembuh dengan sendirinya selama kondisi imunitas tubuh optimal. Cacar air seringkali terjadi pada orang yang belum pernah diimunisasi cacar air atau tertular dari lingkungan sekitar.

Gejala Akibat Cacar Air

Selain ruam itu sendiri cacar air dapat menimbulkan kondisi seperti demam, pusing, lemas, dan nyeri tenggorokan. Gejala tersebut timbul dari efek sistem imun yang bekerja secara optimal untuk melawan virus cacar air. Pengidap cacar air pada umumnya tidak akan mengalami cacar air dua kali selama hidup karena sistem kekebalan tubuh yang sudah terbentuk dari cacar air pertama. Terdapat banyak cara menghilangkan cacar air maupun gejala-gejala tidak nyaman yang ditimbulkan dari cacar air. Berikut ini hal yang bisa dilakukan untuk meredakan cacar air.

Menjaga Asupan Makanan dan Gizi

Cara menghilangkan cacar air pertama dan paling penting selama terjangkit cacar air adalah dengan menjaga kondisi sistem imun selalu dalam keadaan optimum. Untuk menjaga kekebalan sistem imun diperlukan asupan makanan bergizi dan selalu terhidrasi dengan mengkonsumsi banyak air mineral. Hindari makanan pedas dan minuman bersoda. Serta pastikan asupan makanan yang cukup tiga kali sehari dengan makanan yang bergizi seimbang. Selain makan, air mineral delapan kali sehari juga sama pentingnya.

Obat Anti Virus dan Pereda Nyeri

Cara menghilangkan cacar air selanjutnya adalah dengan memperoleh obat dari resep dokter. Pada umumnya obat yang akan diberikan untuk pengidap cacar air adalah obat anti virus dan pereda nyeri atau satu obat dengan kandungan keduanya. Pastikan untuk mengetahui fungsi obat dan cara mengkonsumsinya dari pihak dokter maupun farmasi serta ikuti paduan konsumsi yang sudah diberikan. Cacar air pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya dan kecepatan pemulihannya akan bergantung pada kondisi sistem imun dan kecepatan sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus cacar.

Terapi Imunoglobulin

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk meredakan dan menghilangkan cacar air adalah dengan melakukan terapi imunoglobulin. Terapi imunoglobulin adalah terapi dengan memberikan varicella-zoster immunoglobulin (VZIG) yakni vaksinasi yang mengandung antibodi khusus untuk virus cacar air melalui infus. Terapi imunoglobulin akan membantu sistem imun tubuh dalam mempercepat proses melawan virus cacar air.

Cuka Apel

Selain langkah medis dan asupan gizi yang cukup untuk tubuh cara dengan pemanfaatan bahan alami juga dapat dilakukan seperti penggunaan cuka apel. Cukup dengan mencampur satu sdm cuka apel dengan air yang kemudian dioleskan dengan kapas pada area ruam yang sudah kering maka dapat membantu meredakan rasa gatal dan nyeri pada ruam cacar. Untuk pengecualian jangan mengoleskan cairan pada area ruam yang luka atau masih basah. 

Madu

Madu juga dapat digunakan sebagai alternatif alami untuk meredakan cacar. Madu yang memiliki banyak kandungan bermanfaat di dalamnya dapat dikonsumsi langsung untuk membantu memperkuat sistem imun dalam melawan virus cacar. Atau dioleskan pada area ruam yang sudah kering dan tidak luka untuk meredakan rasa gatal. Madu juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan sehingga penderita cacar dapat terbantu asupan gizi yang masuk kedalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *