Gunung Kidul menyimpan potensi alam dalam bentuk sungai yang memisahkan tebing tinggi, salah satunya dilihat dari air terjun Sri Gethuk. Aliran air terjun ini tidak mengenal musim, apakah itu musim hujan atau bahkan musim kemarau yang panjang, ia akan terus mengalir tanpa henti sehingga keindahannya tidak akan pernah hilang. Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Jogja adalah  keunikan alam yang sungguh sayang jika Anda melewatkannya, terutama ketika Anda sedang bepergian ke Yogyakarta. Anda bisa naik kendaraan dan menyeberangi hutan putih Perhutani untuk mencapai air terjun Sri Gethuk.

Untuk mencapai lokasi air terjun, dibutuhkan waktu yang relatif singkat, yaitu hanya 15 menit di sepanjang Sungai Oya. Ada tebing-tebing indah di bawah air terjun dan ditata seperti tangga layaknya tepi kolam rumah mewah. Jika Anda melihat lebih dekat dan mandi, Anda akan menikmati relaksasi tubuh Anda, yang sangat menyegarkan karena jatuhnya air terjun di tubuh Anda. Saat musim hujan adalah kesempatan yang baik untuk melihat keindahan pelangi di air terjun Sri Gethuk. Air terjun Sri Gethuk Gunungkidul adalah air terjun yang sangat terkenal dan terkenal di Jogja karena keindahan dan kealamiannya. Pengunjung tidak hanya tinggal di Yogya, tetapi di seluruh Indonesia dan bahkan turis asing. Nama lain untuk air terjun Sri Gethuk adalah Nastalgia, karena dekat Nasturtium. Air terjun Sri Gethuk diapit oleh tebing setinggi 50 meter, yang menambah nilai bagi resor ini.

Daerah lendir adalah daerah dengan topografi bukit dan dikelilingi oleh pohon kelapa. Tidak hanya itu, tanaman padi dapat tumbuh di tempat ini sepanjang tahun karena tanah di daerah ini tidak pernah mengalami kekeringan, sehingga Anda juga dapat menikmati suasana sawah yang indah. Situs ini juga didukung oleh tiga sumber penting, yaitu Ngandong, Dongpoh dan Mata Air Ngumbul dengan debit air rata-rata 30 hingga 60 liter / detik. Untuk mencapai air terjun Anda juga bisa berjalan di sepanjang tebing Slempret, yang pada akhirnya akan mengarah ke lokasi air terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk terletak di desa Menggoran, yaitu Desa Bleberan, Playen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi ini ada dua opsi. Pilihan pertama adalah berjalan di sepanjang jalan setapak yang menuntun Anda di sepanjang jalan untuk melihat sawah luas yang dihiasi dengan ombak kelapa. Untuk opsi kedua, pergi melalui aliran cepat Sungai Oya dengan menggunakan armada papan dan drum bekas yang sederhana. Bagaimana kamu cukup berani?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *