Membeli mobil baru merupakan langkah besar, namun tak perlu dibuat repot. Menggunakan teknologi yang semakin maju, proses pencarian mobil baru pun dapat dilakukan lebih gampang.

  1. Riset Kendaraan dan Fitur
    Masih belum tahu kendaraan yang ingin dibeli? Coba buka situs-situs otomotif yang memuat ulasan dari para ahli dan pemilik kendaraan, harga mobil baru, hingga promosi mobil baru. Situs resmi dari pabrikan mobil juga berguna untuk melihat lebih banyak foto dan mempelajari fitur yang ada. Manfaatkan seluruh media yang ada, dan Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan mobil idaman. Setelah memiliki daftar kendaraan incaran, mulai pikirkan cara mengurus pembayarannya.
  2. Cari Peluang Cicilan
    Sebelum anda memutuskan untuk membeli mobil baru, ada baiknya Anda memperhatikan dulu berbagai paket cicilan yang ditawarkan. Penting untuk membandingkan paket cicilan itu dengan pihak pembiayaan lain misalnya bank atau perusahaan pembiayaan untuk mendapatkan informasi suku bunga terendah. Edmunds menyarankan jangka waktu pinjaman tidak lebih dari 5 tahun. Direkomendasikan juga menggabungkan uang muka dengan biaya asuransi atau perlindungan penggantian mobil baru, agar terhindar dari biaya total cicilan terlalu jauh melebihi harga mobil. Untuk memulai proses persetujuan peminjaman pembelian kendaraan, siapkan data informasi pekerjaan, gaji, serta hutang yang anda tanggung. Pastikan Anda siap membeli mobil dalam dua pekan setelah cicilan diterima, tujuannya agar tidak ada riwayat buruk dalam catatan kredit Anda.
  3. Rencanakan Tukar-Tambah
    Anda bisa melewati tahapan ini jika tidak memiliki mobil yang bisa digunakan tukar-tambah. Penting untuk mengetahui harga tukar-tambah terkini kendaraan Anda sebelum pergi ke dealer. Ini akan membantu Anda mengekspektasikan harga kendaraan, sekaligus menjadi referensi dari tawaran yang akan diterima. Jujurlah saat mendeskripsikan kondisi kendaraan Anda. Sebagian besar kendaraan bekas berada dalam kategori “bersih” atau wajar”, dan hanya beberapa yang bisa disebut “luar biasa”. Setelah Anda selesai mengecek nilai kendaraan, Anda akan mendapat tiga harga berbeda. Pertama, harga beli dealer atas mobil yang ditawarkan konsumen, kedua, harga yang Anda bisa dapat bila menjual mobil sendiri,dan ketiga, yaitu harga jual ritel dealer atau harga pasaran mobil.
  4. Tentukan Lokasi Tes dan Waktu Uji Coba
    Pada tahap ini, Anda telah memiliki daftar kendaraan yang diinginkan. Ada baiknya jika Anda melihat langsung masing-masing model dengan mata kepala sendiri sebelum membuat keputusan. Itu akan lebih baik dibanding hanya mengecek spesifikasi di situs produsen mobil dan berharap dapat menemukan kendaraan yang benar-benar mirip di ‘dunia nyata’.

Berikut beberapa hal yang harus diingat sebelum melakukan tes kendaraan:

  • Pastikan jika kendaraan yang diinginkan ready stock. Ada kemungkinan stok mobil yang Anda inginkan sedang kosong dan perlu waktu untuk mendapatkannya.
  • Tanyakan ke wiraniaga mengenai ada atau tidaknya opsi fitur tambahan yang langsung terpasang di kendaraan. Banyak kendaraan yang terjual dengan opsi tambahan seperti ban bernitrogen, karpet untuk segala kondisi cuaca, hingga paket anti pencurian. Seluruh opsi seperti itu bisa meninggikan harga mobil sampai lebih dari Rp14,5 juta.
  • Jangan melakukan test drive di dealer pada akhir minggu atau menjelang tutup. Antrean bisa saja panjang, dan mungkin Anda tidak akan mendapat perhatian penuh dari wiraniaga.
  • Lakukan penjadwalan untuk tes kendaraan. Ada baiknya jika tes dilakukan di pagi hari dan awal pekan. Dengan jadwal yang sudah ditentukan, mobil sudah siap ketika Anda tiba di dealer.
  • Jangan hanya melakukan tes ‘biasa’. Pastikan Anda dan keluarga merasa cocok dengan mobil yang dicoba, serta pastikan kendaraan incaran dapat melalui berbagai medan jalan.
  • Tanya diri Anda sendiri: Apakah kontrol dalam mobil mudah digunakan? Apakah bagasi memiliki ruang yang cukup? Apakah bangku anak-anak sudah pas.
  • Tak perlu membeli kendaraan yang dicoba pada hari itu juga. Coba pikirkan lagi dalam beberapa waktu sebelum membuat keputusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *