Pada dasarnya ada banyak sekali macam alergi anak yang penting Anda tahu. Alergi bisa saja menjadi sangat menakutkan dan berbahaya, bahkan bisa pula mengancam jiwa pada saat alergi tersebut menjadi parah. Yang jadi masalahnya di sini adalah ada banyak orangtua, terutma ibu yang berpikiran jika alergi hanya menyerang saat – saat tertentu saja. Akan tetapi pada kenyataannya alergi anak ini bisa terus sampai remaja atau bahkan sampai tua. Makanya penting sekali bagi Anda untuk mengetahui apa anak alergi dan tidak. Jangan lupa pula untuk mengetahui apa jenis alergi yang diderita anak Anda.

Mengenal Macam – Macam Alergi Anak Sesuai Penyebabnya

Alergi anafilaksis

Alergi anak yang pertama ini adalah jenis reaksi alergi yang bisa dibilang cukup berbahaya sekali. Kondisi tersebut tidak hanya menyerang bayi baru lahir dan anak – anak, akan tetapi juga orang dewasa. Reaksi alergi anafilaksis biasanya menyerang pernafasan secara langsung, sehingga penderitanya akan alami batuk – batuk. Penyebab alergi tersebut diantaranya susu sapi, jenis obat – obatan tertentu, gigitan serangga, makanan laut, dan lain – lain.

Alergi kulit

Lalu untuk jenis alergi pada anak yang berikut ini biasanya menyerang kulit, termasuk dermatitis, eksim, dan semua jenis penyakit kulit pada anak. Alergi kulit pada anak sering sebabkan si kecil menjadi kurang nyaman. Ini dikarenakan alergi membuat kulit terasa gatal, sakit, dan bintik merah. Penyebabnya adalah susu sapi, serbuk sari, debu, bulu binatang peliharaan, keringat, dan infeksi yang lainnya.

Asma

Sementara itu untuk gejala asma pada anak sendiri pada dasarnya harus diwaspadai sebagai salah satu masalah alergi yang berat bagi anak. Reaksi alergi tersebut akan sebabkan pernafasan anak jadi lebih berat. Apabila sering terjadi, maka pemicunya bukan dikarenakan oleh kondisi kesehatan anak, akan tetapi juga dikarenakan penyebab alergi asma itu sendiri.

Asma bahkan sering sekali dibilang sebagai penyakit, namun dengan menjauhi beberapa pemicu alergi maka bisa sembuhkan asma yang diderita anak Anda. Penyebab alergi asma diantaranya udara kotor, asap rokok, serbuk sari bunga, virus, debu, udara dingin, stress, perubahan cuaca, kelelahan, dan jamur dari udara.

Alergi makanan

Alergi makanan bahkan juga termasuk jenis alergi yang paling sering terjadi pada bayi juga anak – anak. Meskipun sering terjadi pada anak – anak, biasanya alergi ini mengikuti sampai dewasa. Selain hal tersebut, anak juga sudah menunjukkan tanda – tanda alergi makanan pada anak ini dengan gejala alergi susu sapi. Alergi makanan tentu saja bisa dicegah, misalnya saja dengan cara menjauhi pemicunya.

Beberapa yang menjadi penyebab utama dari alergi makanan diantaranya telur, kacang tanah, kedelai, susu, ikan, kacang polong, biji – bijian, gandum, dan kerang.

Demam

Anak dengan alergi juga bisa alami demam. Demam yang disebabkan oleh alergi tersebut biasanya berbeda sekali dengan jenis demam yang lainnya, sebab memang tidak disertai dengan penyakit lain. Kondisi yang seperti ini bisa sebabkan masalah di bagian saluran pernafasan, dan biasanya terjadi dalam waktu yang lama. Penyebabnya adalah gulma, cuaca, rumput, dan serbuk sari.

Biduran

Lalu untuk yang terakhir ini biasanya disebabkan oleh alergi makanan, alergi obat – obatan tertentu seperti aspirin, cuaca, dan virus. Reaksi alergi tersebut bahkan akan sebabkan gatal – gatal di kulit, bintik memerah kecil yang kemudian berubah jadi lebih besar, seperti benjolan di kulit, kulit yang berubah jadi lebih putih hingga sangat pucat.

Nah, itulah macam – mcam alergi anak sesuai penyebabnya yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *